Cara Mengatasi Pilek


Pilek merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus, virus yang menyebabkan pilek ini biasanya datang dari orang ke orang yang melalui tetesan lendiri ataupun melalui sentuhan. Biasanya juga nih, penyakit pilek datang seperti di musim hujan seperti saat ini. Dalam musim seperti ini biasanya distribusi virus atau bakteri yang menyebabkan pilek akan tersebar kemana-mana. Sehingga di musim ini banyak orang yang mudah untuk terkena penyakit pilek, baik anak-anak maupun orang dewasa, pilek juga dapat mudah untuk menular kepada siapapun, terutama disaat kondisi badan kita sedang tidak baik atau kondisi badan sedang menurun. Sakit pilek juga sangat membuat orang menderita, ini karena di wilayah sekitar hidung akan mengeluarkan cairan secara terus-menerus. Tidak hanya itu, biasanya saat malam tiba kita mengalami susah tidur karena terganggu oleh hidung yang tersumbat.
Apabila kita sudah terkena atau tertular penyakit pilek, pasti kebanyakan orang terburu-buru untuk mencari lalu memakai obat-obatan yang mengandung kimiawi. Namun, dalam cara mengatasi pilek terdapat juga perawatan yang sederhana untuk mengobati pilek. Lalu bagaimana sebenarnya cara mengatasi pilek atau cara mengobati pilek yang sederhana tersebut :
  1. Tidur Yang Cukup, cara mengatasi pilek sebaiknya berikanlah kesempatan tubuh kita untuk beristirahat agar mendapatkan tenaga baru dalam memerangi pilek. Caranya bisa dengan tidur yang cukup. Dan ketika kita sedang tidur di malam hari, dalam cara mengobati pilek sebaiknya kita mencoba posisi baru dalam tidur, seperti meninggikan bantal kepala kita. Dan hal ini sangat berguna untuk mengurangi pembentukan lendir yang terdapat di dalam saluran pernafasan kita dan juga dapat membuat pernafasan kita menjadi lega.
  2. Beristirahat Di Rumah,cara mengatasi pilek bisa dengan beristirahat di rumah, ini karena pilek disebabkan oleh virus yang mudah sekali untuk menular. Dengan berkomunikasi dengan orang lain maka virus penyakit pilek akan mudah tersebar, apalagi saat orang yang menderita pilek bersin-bersin atau sedang batuk. Dan sebaiknya dalam cara mengatasi pilek, saat kita sedang pilek disarankan lebih baik beristirahat dirumah, karena pilek akan bertambah parah apabila kita beraktivitas secara berlebih.
  3. Berkumur Dengan Larutan Garam, cara mengatasi pilek juga bisa dengan berkumur menggunakan larutan air garam yang hangat. Caranya, cukup campur setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu berkumurlah menggunakan air larutan tersebut sebanyak 3 kali sehari. Biarkan air mengalir di kerongkongan dalam beberapa detik, kemudian berkumurlah sedikit lama. Namun cara ini dianjurkan hanya untuk orang dewasa.
  4. Mengompres Leher, setelah cara mengatasi pilek dengan berkumur menggunakan air larutan garam, sebaiknya dapat juga diteruskan dengan mengompres leher dengan lap yang sudah direndam terlebih dahulu menggunakan air hangat. Dan untuk anak-anak sebaiknya dilakukan ketika anak-anak sedang tidur.
  5. Merendam Kaki Dengan Air Hangat, penyakit pilek memang berawal dari gejala sakit kepala dan hidung yang mengeluarkan cairan. Apabila kita tidak cepat mengatasinya maka kita bisa mengalami demam. Dan cara mengatasi pilek juga bias dengan merendam kaki dalam air hangat, bisa sehari dua kali pagi dan juga di waktu petang. Dengan merendamkan kaki kita dalam air hangat maka akan melancarkan aliran darah yang menuju ke kepala sehingga sakit kepala pun akan berkurang.