tips menjaga hubungan agar tetap harmonis

Salah satu penyebab tidak harmonisnya sebuah hubungan adalah tidak adanya komunikasi, dan ini menjadi penyebab dari banyaknya perpisahan yang terjadi, pada dasarnya sebuah hubungan terjalin karena adanya komunikasi, meskipun telah saling percaya tapi itu bukan berarti komunikasi menjadi tidak penting.

Kadang ada kalanya saat anda mengetahui kesalahan pasangan, anda akan menjadi begitu egois dengan menyalahkan dan tidak memberikan sedikitpun kesempatan untuk pasangan anda menjelaskan, dan menjadi fatal saat anda tidak memberikan solusi tetapi memilih untuk diam berharap si dia meratapi kesalahannya, dan inilah beberapa kesalahan yang harus anda hindari.

1. Kritik
Kritik tidak selalu merupakan hal yang negatif. Namun saat tidak konstruktif, itu dapat menyebabkan pasangan secara verbal menyerang satu sama lain. Menggunakan kritik dalam komunikasi menyiratkan bahwa masalah atau isu adalah kesalahan orang lain yang mungkin sebenarnya terjadi. Menyalahkan orang lain melalui pernyataan mengkritik meskipun, menjadikan pendengar menjadi defensif. Pendengar merasa seperti mereka harus menyiapkan serangan balasan. Ini bukanlah dasar komunikasi yang baik untuk mengatasi konflik.

Beberapa mungkin berpikir bahwa kritik dan keluhan adalah hal yang sama. Pada kenyataannya, keluhan bisa lebih baik daripada kritik. Keluhan dapat menggambarkan isu tertentu, situasi atau perilaku dalam cara yang tidak mengancam dan karena itu lebih baik untuk mengkritik.

2. Sarkasme dan Sinisme
Sarkasme dan sinisme dalam komunikasi melampaui kritik dengan menambahkan sesuatu yang merendahkan atau merendahkan sentimen yang diarahkan ke pendengar. Bersama-sama, mereka menyampaikan apa yang tampaknya menjadi kesukaan atau penghinaan untuk orang lain. Hal ini mungkin hal terburuk karena dapat menyebabkan siklus peningkatan yang tidak baik, konflik yang menyakitkan. Tidak hanya penerima yang merasa diserang atau disalahkan, mereka juga bisa merasa ditolak karena emosi negatif yang disampaikan. Dalam beberapa kasus, hal ini juga dapat mendorong suatu amarah dan reaksi yang tidak produktif terhadap pembicara.

3. Melawan
Wajar jika Anda mencoba untuk melawan suatu hal yang tidak cocok Anda terima. Tapi terkadang, sebuah perlawanan bisa membakar api yang sudah terjadi antara Anda dan orang lain. Hal ini dapat memperpanjang konflik. Jika Anda sibuk melawan dan melawan, Anda tidak dapat mendengarkan apa akar dari pesan secara nyata. Hindari godaan untuk mengeluarkan serangan balasan dengan menggunakan giliran Anda sebagai pembicara untuk mengangkat suatu isu yang penting bagi Anda.

4. Pengobatan “diam”
Anda mungkin akrab dengan taktik negatif. Perlakuan diam menjelaskan ketika seseorang membuat keputusan sadar untuk berhenti berbicara kepada pasangannya. Dalam konflik, hal ini sering dilakukan karena dendam.

Seperti kata pepatah, diam dapat memekakkan telinga! Karena komunikasi adalah kegiatan dalam tim, ketika seseorang berhenti berbicara atau mendengarkan, tidak ada komunikasi yang dapat terjadi. Kadang-kadang perlakuan diam adalah sinyal bahwa seseorang memiliki percakapan yang cukup atau mereka telah mencapai batas mereka. Ini bisa menjadi sinyal bagi Anda untuk “beristirahat”. Mengambil istirahat bukan hal buruk tapi itu harus menjadi keputusan bersama.

Di lain waktu, perlakuan diam dapat dilihat sebagai cara untuk menghindari pertengkaran atau konflik. Menghindari atau menghapus diri dari komunikasi sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak konflik dalam jangka panjang. Ini memicu orang lain untuk melanjutkan, seringkali sia-sia, untuk memulai dialog. Ini mungkin cukup jelas untuk melihat bagaimana hal ini dapat menciptakan siklus yang sulit untuk istirahat.

Seperti belajar keterampilan baru, berlatih dan menggabungkan "aturan" mungkin tampak konyol, atau tidak wajar pada awalnya. Kuncinya adalah untuk terus mencoba untuk menggabungkan teknik dalam komunikasi Anda, terutama ketika semuanya berjalan lancar